Tuesday, August 13, 2019

Penemuan Arca Kepala Garuda Di Situs Sumberbeji Kesamben Ngoro Jombang

Penemuan Arca Kepala Garuda di Situs Sumberbeji Kesamben ngoro jombang

Arkeolog Temukan Empat Jaladwara dan Arca Kepala Garuda di Situs Sumberbeji

JOMBANG.TV –  Balai Pelestarian Cagar Dan Budaya (BPCB) Jawa Timur, menemukan 4 arca Jaladwara dan satu arca Kepala Garuda dalam aktivitas eskavasi di situs pertirtaan Sumberbeji, Dusun Sumberbeji Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang, Senin (16/9).  Dari seluruh benda yang ditemukan, BPCB mengira situs tersebut merupakan situs kelas para raja.

Empat jaladwara dan arca kepala garuda yang ditemukan BPCB berada di kotak F3, di area utara bangunan tengah petirtaan. Benda itu ditemukan dalam aktivitas proses eskavasi lanjutan tahap pertama yang dimulai semenjak 8 September lalu.

Empat jaladwara yang ditemukan berbentuk Jadi terdiri dari tabrakan kepala naga, tabrakan belalai gajah menjulang ke atas, sampai jaladwara dengan tabrakan seorang putri. Sementara arca kepala garuda, ditemukan melekat di dinding kerikil bata situs dan dalam keadaan masih utuh.

Arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi nugroho mengatakan, dari 7 benda yang ditemukan ada dua yang sangat special yakni arca kepala garuda dan clupak.  Arca garuda yaitu patung yang sangat langka dan tak dapat ditemukan pada sembarang bangunan kuno.

Di jawa timur, hanya empat arca berbentuk garuda yang telah ditemukan, diantaranya di candi Kidal, Malang serta dua lagi yang sekarang telah disimpan di Museum Trowulan. “Ini sangat special alasannya yaitu kita temukan masih melekat dan 90 persen masih utuh. Jarang menemukan ibarat ini. Ada juga clupak, kerikil cekung yang biasanya digunakan lampu penerangan di area situs dengan materi bakar getah pinus dan minyak kelapa,” jelas Wicaksono.

Kata Wicaksono, dari beberapa benda yang ditemukan seluruhnya tidak sama meski jarak temuan sangat berdekatan. Dari beberapa detail bentuk ornament berpengaruh dugaan situs sumberbeji dibangun khusus selevel dengan kerajaan.

“Dari temuan itu hipotesis kita semakin berpengaruh jikalau situs ini dibangun dilevel berbeda,” katanya.

Suasana proses eskavasi situs sumberbeji, ngoro, jombang
Selain menemukan arca jaladwara, eskavasi dengan melibatkan 15 pekerja dan 2 arkeolog di situs sumberbeji itu juga menemukan beberapa mata uang peninggalan massa dinasti Tang, serta beberapa bagian gerabah berbahan dasar persolin. Wicaksono menduga, dari beberapa ornament situs sumberbeji merupakan peninggalan masa kerjaan pra majapahit.

“Sejauh ini masih kita duga dari majapahit periode 14. Tapi dapat saja ini dari masa pra majapahit alasannya yaitu proses eskavasi masih sekitar 25 persen,” Pungkasnya. (jb1/adm)
Jombang tv

Indah banget

Penemuan Arca Kepala Garuda di Situs Sumberbeji Kesamben ngoro jombang Penemuan Arca Kepala Garuda di Situs Sumberbeji Kesamben ngoro jombang






Artikel Terkait

atOptions = { 'key' : '07afc16f9eba1540673c5cee858624a7', 'format' : 'iframe', 'height' : 250, 'width' : 300, 'params' : {} }; document.write('');